Selasa, 06 Desember 2016

3 Menyusun Laporan Keuangan dari Persamaan Dasar Akuntansi

     Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi, yang dimulai dari pencatatan transaksi perusahaan. Laporan keuangan ini terdiri dari neraca, laporan laba rugi, dan laporan perubahan modal.

1. Neraca
    Neraca adalah suatu daftar yang disusun secara sistematis untuk menyajikan keadaan atau posisi keuangan pada saat tertentu dengan cara menginformasikan keadaan harta (aktiva), utang, modal, serta penjelasannya. Unsur neraca adalah harta, utang, dan modal.

2. Laporan laba rugi
    Laporan laba rugi adalah suatu perhitungan secara sistematis dengan mengikhtisarkan hasil usaha yang telah dicapai oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Unsur laporan laba rugi adalah:
a. pendapatan usaha;
b. beban usaha;
c. pendapatan di luar usaha;
d. beban di luar usaha; dan
e. laba/rugi bersih.

3. Laporan perubahan modal
    Laporan perubahan modal adalah laporan yang menyajikan informasi mengenai perubahan modal perusahaan secara jelas. Unsur laporan perubahan modal adalah:
a. modal awal periode;
b. laba/rugi operasional; dan
c. transaksi pribadi.


3.1 Mekanisme Penyusunan Laporan Keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar